Cara Memasang Widget atau Gadget di Blog

Bagaimana Cara Memasang Widget di Blogspot? Pertanyaan seperti ini mungkin saja muncul bagi sobat yang baru belajar membuat blog. Untuk memasang atau menambah widget pada blog tidaklah sulit, hanya beberapa langkah saja sobat sudah bisa memasangnya di blog sobat.

Pada postingan kali ini saya ingin berbagi cara memasang widget di blog. Tentunya bagi sobat-sobat yang baru belajar membuat blog harus menyimak tutorial di bawah ini.

Sebelum itu tahu kah sobat apa itu Widget?

Widget merupakan sebuah fitur atau konten tambahan yang disediakan oleh blogger selain dari pada konten postingan yang berguna untuk memudahkan kita di dalam navigasi blog atau pun keterangan yang ada di blog itu sendiri sehingga pengunjung blog kita dapat lebih mudah mengerti dan mengenali isi dari pada blog kita.

Ada begitu banyak widget yang disediakan oleh blogger ataupun dari luar blogger dengan beragam fitur dan kegunaannya. Sobat tinggal pilih sesuka hati sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan akan widget seperti apa yang ingin ditambahkan pada blog sobat.

Widget pada blog dapat  kita pasang, copot, atau pun dipindah-pindahkan posisinya sesuai dengan keingingan. Selain itu widget atau gadget ini bersifat tidakk wajib terpasang pada blog sobat. Jadi sobat juga bisa membuat blog tanpa harus memasang widget atau gadget sama sekali.

Baiklah, bagi sobat yang masih bingung cara memasang widget di blog, simak turorial di bawah ini;

1. Terlebih dahulu silakan sobat login dan masuk ke dashboard blog sobat.

2. Bila sobat sudah berada di dashboard blog sobat, maka selanjutnya sobat masuk ke menu “Tata Letak


3. Setelah itu barulah sobat dapat menambahkan widget pada blog dengan cara klik “Tambahkan Gadget


4. Di sini pihak blogger telah menyediakan beberapa widget atau gadget yang siap untuk dipasang pada blog sobat. Tentu saja semua daftar widget tersebut tidak wajib dipasang pada blog. Sobat hanya perlu memilih widget yang diinginkan dan dibutuhkan.


Lalu widget seperti apa yang perlu kita pasang di blog?

Sebagian besar blogger pemula umumnya terlalu berlebihan dalam mamasang widget di blognya. Mereka beranggapan bahwa semakin banyak widget yang terpasang pada blog maka akan membuat blognya terlihat semakin keren karena blognya terlihat ramai.

Padahal kenyataan yang sebenernya adalah sebalikanya. Semakin sedikit widget yang sobat pasang di blog, maka hal itu akan semakin bagus. Kenapa bisa begitu? karena bila sobat memasang widget terlalu banyak di blog, hal itu akan membuat pengunjung blog sobat menjadi bingung, selain itu juga akan membuat loading blog sobat menjadi semakin lama.

Bila sobat bingung widget apa yang perlu dipasang pada blog. Berikut adalah beberapa widget rekomendasi yang sebaiknya sobat pasang pada blog;
  • Widget Profil
  • Widget Entri Populer
  • Widget Label
  • Widget Arsip

Selain dari widget-widget di atas, ada satu widget lagi yang cukup sering digunakan para blogger di blogspot, yakni widget HTML/JavaScript.

Widget ini berfungsi untuk memasang atau menambahkan widget menggunakan kode HTML maupun JavaScript. Biasanya digunakan untuk memasang widget pihak ketiga (widget yang bukan dari blogspot) atau pun juga bisa digunakan untuk memasang banner iklan.

Begitulah sedikit penjelasan tentang bagaimana cara memasang atau menambahkan widget di Blog. Semoga postingan ini memberi manfaat untuk kita semua, terutama bagi sobat yang sedang belajar cara membuat blog di blogger. Terimakasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

"Barangsiapa yang beriman kepada Alloh dan hari akhir, hendaklah berkata yang baik atau diam." (HR. Bukhari & Muslim)