Cara Mengganti Favicon di Blogger

Cara Mengganti Favicon di Blogger - Salah satu hal mendasar yang bisa sobat lakukan untuk membuat blog sobat menjadi sedikit lebih keren dan menarik yaitu dengan cara mengganti Favicon yang ada di blog sobat.

Tahukan sobat apa Favicon itu?


Berikut sedikit penjelasan tentang favicon;
Favicon merupakan kependekan atau singkatan dari Favorite Icon yakni sebuah gambar icon yang muncul pada address bar suatu website. Favicon ini bisa disebut juga sebagai website icon, URL icon, shortcut icon, atau pun bookmark icon.

Favicon di Blogger


Secara default bila sobat telah membuat blog di blogger/blogspot, blog tersebut akan mempunyai favicon berupa logo “B”

Naah, supaya blog sobat terlihat lebih unik dan keren sobat bisa mengganti favicon tersebut dengan favicon sesuai keinginan sobat.

Simaklah dengan baik tutorial mengganti favicon berikut ini;

#1. Langkah pertama sobat harus mempersiapkan terlebih dahulu sebuah gambar persegi dengan ukuran yang tidak lebih dari 100KB. Sobat bisa menggunkan format gambar seperti, .ICO, .JPG, atau .PNG .

Silakan Sobat bisa membuat gambar Favicon secara manual menggunakan software seperti GIMP atau photoshop. Selain itu sobat juga bisa menggunakan Favicon Generator.

#2. Bila gambarnya telah siap, sekarang silakan sobat login terlebih dahulu ke blogger.

#3. Selanjutnya, silakan sobat masuk ke menu “Tata Letak”, kemudian Klik “Edit” pada bagian Favicon seperti gambar di bawah ini:


#4. Setelah itu sobat Klik pada tombol “Choose File” kemudian pilih gambar favicon yang sudah sobat buat sebelumnya.


#5. Terakhir tinggal sobat klik saja tombol “Simpan

Setelah sobat berhasil melakukan tutorial memasang favicon di blog seperti langkah di atas, kemungkinan besar ketika sobat cek blog sobat, faviconnya belum berubah (masih menggunakan logo blogger). Hal ini wajar karena pengaruh Cache browser.

Bila sobat ingin melihat perubahannya, silakan sobat hapus cache browser untuk melihat perubahan faviconnya.

Naah, begitulah sedikit penjelasan tentang cara mengganti favicon di blog. smoga tulisan ini mudah di mengerti dan bermanfaat bagi kita semua, khususnya sobat yang baru belajar membuat blog. Sekian dan terimakasih atas kunjungannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments

"Barangsiapa yang beriman kepada Alloh dan hari akhir, hendaklah berkata yang baik atau diam." (HR. Bukhari & Muslim)