Memahami Menu Dasar Yang Ada di Blogger

Memahami menu-menu dasar di Blogger - Jika sebelumnya sobat sudah berhasil Membuat Blog dan sudah bisa Memposting Artikel, maka kali ini saya akan jelaskan secara singkat menu-menu dasar yang ada di blogger.

Situs blogger.com atau lebih dikenal juga sebagai blogspot, ini merupakan salah satu layanan ngeblog gratis yang bisa dibliang paling mudah digunakan. Karena itu banyak yang merekomendasikannya untuk para pemula yang ingin belajar blogging.

Tapi mungkin saja diantara sobat pemula yang baru belajar ngeblog masih ada yang merasa bingung dengan menu-menu yang ada di blogspot.

Naah, Sobat jangan khawatir karena dibawah ini akan saya jelaskan secara ringkas tentang menu-menu dasar tersebut supaya dapat dipahami oleh sobat.

Menu-menu dasar ini sangatlah penting untuk dipahami khususnya bagi pemula, karena dapat memudahkan sobat dalam mengurus blog kedepannya.

Baiklah, Langsung saja sobat simak uraian di bawah ini;

Pertama-tama silakan sobat login dulu ke https://blogger.com kemudian masuk ke dashboard blog sobat. Selanjutnya sobat akan melihat menu-menu yang kurang lebih seperti berikut ini:


Berikut penjelasan menu-menu tersebut:

*1. Yang pertama adalah tombol Menu “Entri baru”
Tombol ini berfungsi untuk membuat postingan atau artikel baru

*2. Ikhtisar
Di menu ini sobat bisa melihat ringkasan statistik blog seperti; grafik penayangan, jumlah postingan, jumlah komentar, jumlah penayangan hari ini, maupun jumlah pengikut.

*3. Pos
Menu ini akan menampilkan daftar postingan atau artikel yang ada di blog sobat baik itu semua artikel, draf, maupun artikel yang sudah diterbitkan.

*4. Laman
Pada menu laman ini sobat bisa membuat halaman baru untuk blog sobat seperti halaman tentang, kontak, privacy, dll. Selain itu sobat juga bisa sobat juga bisa melakukan pengaturan/mengedit halaman di menu ini.

*5. Komentar
Pada menu ini akan ditampilkan semua daftar komentar yang masuk ke blog sobat.

*6. Google+
Menu ini berfungsi untuk mengaitkan blog sobat dengan profil Google+.

*7. Statistik
Salah satu menu yang biasanya sering sobat buka di blog. yaa, disini akan menunjukkan detail statistik dari blog sobat seperti; jumlah pengunjung blog, jumlah postingan, jumlah tayangan laman, sumber pengunjung, dll.

*8. Kampanye
Menu ini khusus bagi sobat yang ingin mempremosikan blognya melalui Google AdWords (mengeluarkan sejumlah uang untuk biaya promosi)

*9. Tata Letak
Di sinilah tempat sobat mengatur tata letak blog. Bila sobat ingin memasang widget pada blog, maka silakan sobat masuk ke menu ini.

*10. Template
Menu ini berfungsi untuk mengganti template atau tema blog sobat. Selain itu sobat juga dapat mengedit langsung template blog sobat pada menu ini supaya lebih rapi dan keren.

*11. Setelan
Di sini adalah tempat pengaturan blog sobat. Bila sobat ingin mengganti judul blog, menambahkan deskripsi blog, atau mengganti bahasa blog maka sobat bisa melakukannya di menu ini.

Naah, Itulah sedikit penjelasan tentang Menu-menu dasar yang ada di blogger. Selebihnya sobat bisa explorasi sendiri dengan sesuka hati. Bila sobat masih bingung, silakan bertanya lewat komentar dibawah.

Semoga tulisan ini bisa memberi manfaat untuk sobat semua. Terimakasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

"Barangsiapa yang beriman kepada Alloh dan hari akhir, hendaklah berkata yang baik atau diam." (HR. Bukhari & Muslim)