Tips Menulis Konten Yang SEO Friendly Untuk Pemula

Tips Menulis Konten Yang SEO Friendly
Menulis bukanlah perkara yang mudah, apa lagi bagi mereka yang jarang melakukannya. Namun demikian, prinsip bahwa dengan hadirnya konten dalam sebuah blog adalah hal yang utama, maka dari pada itu sesulit apapun dalam menulis sebuah artikel, tetap saja harus dilakukan.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa sebuah konten merupakan raja untuk sebuah blog. Konten mempunyai kekuatan penuh di dalam perkembangan sebuah blog secara keseluruhan. Bagi sebuah blog, tidak memerlukan desain yang sangat bagus dengan template yang sangat wow bila artikel yang ada hanyalah asal-asalan saja. Coba saja sobat lihat blog milik seorang gadis Nigeria yang meraup sukses dengan blog pribadinya yaitu Linda Ikeji. Nama gadis mantan model yang kini beralih profesi menjadi seorang blogger yang sukses. Meskipun jumlah follower dan trafiknya banyak, tapi template yang digunakan hanya memakai template bawaan dari blogger. Dan hal tersebut tidak menyurutkan para perusahaan iklan untuk menempatkan iklannya di blog tersebut.

Inilah alasannya kecerdasan dalam membuat konten postingan yang menarik sangat diperlukan. Optimasi blog akan mudah terdongkrak dengan hadirnya konten yang menarik dan berkualitas. Lalu bagaimana cara membuat konten yang menarik dan tentunya SEO friendly ? Berikut beberapa Tips Menulis Konten Yang SEO Friendly;

Tips Menulis Konten Yang SEO Friendly

#1. Unik dan Menarik

Mbah Google sangat suka dengan konten yang unik. Sedangkan para pengunjung menyukai isi konten yang menarik dan tentunya dengan tata bahasa yang baik dan mudah difahami. Kombinasi yang sangat baik untuk mengoptimasi blog sobat. Ini merupakan dasar Tips Menulis Konten Yang SEO Friendly.

#2. Quantity with Quality

Penggunaan jumlah kata yang banyak disertai kualitas konten yang baik merupakan langkah terbaik bila ingin menjadi penulis artikel yang hebat. Kualitas yang dihadirkan dalam sebuah tulisan tidak akan menarik bila ditulis hanya dalam 100-200 kata saja. Setidaknya kurang menarik pula bagi mesin pencari google. Bila mempunyai kemampuan untuk membuat tulisan yang baik dengan penggunaan jumlah kata hingga 500-1000 kata tanpa mengurangi kualitasnya, itulah konten yang baik.

Jadi, sobat jangan terlalu pelit dalam merangkai kata guna menghadirkan informasi tambahan. Sebab, dengan begitu kata kunci makin padat dengan jumlah konten yang lebih banyak.

#3. Keyword cerdas

Keyword atau kata kunci merupakan hal yang paling penting di mata mesin pencari google dalam merayapi blog kita. Pemakaian kata kunci yang tepat, akan mendongkrak peringkat blog dalam hasil pencarian. Yang perlu kita perhatikan disini adalah bijaksana dalam penempatan keyword. Namun hindari pemakaian keyword yang berlebihan. Cukup beberapa saja, yang penting tetap tertarget.

#4. Write for human

Ini merupakan faktor yang cukup penting dalam menulis konten. Kita harus menulis untuk dibaca manusia, bukan robot. Sebaik apapun konten yang kita tuliskan, tetap saja yang akan menikmati secara langsung adalah manusia atau real visitor. Merekalah yang memiliki rasa, empati, karsa dan perasaan dalam mencerna sebuah tulisan. Sangat berbeda dengan robot yang kaku. Terlebih lagi kini algoritma google semakin cerdas. Sisi human mulai diprioritaskan. Algoritma RankBrain semakin mempermudah calon pengunjung untuk mendapatkan informasi yang paling mendekati apa yang mereka inginkan.

Oleh karena itu, supaya tulisan kita mudah dicerna oleh manusia, gunakanlah bahasa yang mudah dipahami. Selain itu tulislah konten dengan baik tanpa adanya salah ketik dan sebagainya. Dan juga gunakan tata bahasa yang baik sesuai ejaan yang berlaku.

#5. Readable

Maksud readable disini yaitu isi artikel bisa dibaca, tidak berantakan dan juga berstruktur lengkap, seperti pembukaan, isi, dan penutup. Sebagus apapun konten yang disajikan, bila sisi kemudahan bacaan dan juga struktur tulisan tidak diperhatikan, akan sulit untuk mendapatkan simpati dari pembaca.

Naah, siapapun kita. Baik Blogger pemula maupun pro, tetaplah untuk terus memperhatikan bagaimana menulis konten yang baik dan tentunya SEO Friendly. Blogger pemula akan dapat menemukan jaringan baru melalui konten yang dihadirkannya. Begitu juga sebaliknya, blogger pro akan kehilangan kesempatan atau momentum untuk terus melebarkan jaringannya karena tidak konsisten dengan konten yang dituliskan.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Bila ada sobat yang ingin menambahkan, silakan sobat bisa masukkan ke kolom komentar di bawah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

"Barangsiapa yang beriman kepada Alloh dan hari akhir, hendaklah berkata yang baik atau diam." (HR. Bukhari & Muslim)