Penjelasan Singkat Seputar Blogging

Hallo Sobat-sobat blogger. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang Penjelasan Seputar Blogging yang akan kita mulai dengan definisi-definisi tentang apa itu blog, blogging, blogger dan blogspot.

Dibawah ini akan saya jelaskan pengertian secara singkat. Diharapkan tulisan ini akan banyak membantu, khususnya bagi sobat-sobat yang mungkin baru pertama kali ini mendengar tentang blog, atau pun sobat yang ingin membuat sebuah blog baru. Baiklah, berikut penjelasan singkatnya;

Blog

Blog merupakan kependekan atau singkatan dari web log, yang artinya ialah aplikasi web yang memuat tulisan, gambar, maupun video dalam bentuk artikel atau postingan dalam sebuah halaman website. Nah, website inilah yang disebut juga blog.

Bila sobat belum memiliki blog dan tertarik untuk membuat blog baru, sobat bisa menyimak postingan sebelumnya yaitu "Cara Membuat Blog Lewat Blogger Terbaru"

Blogging

Blogging merupakan aktivitas memberikan ataupun berbagi informasi baik berupa tulisan, gambar ataupun video dalam sebuah artikel/postingan blog. Singkatnya blogging itu adalah pekerjaan membuat blog.

Blogger

Blogger dapat diartikan sebagai media internet yang berfungsi untuk memasukkan informasi dalam sebuah blog. Atau dapat juga diartikan sebagai para pembuat blog.

Blogspot

Blogspot yaitu wadah bagi para pembuat blog untuk membuat blog. Blogspot ini merupakan bagian dari produk google untuk para pecinta blog. Blogspot memiliki banyak sekali pengguna di seluruh dunia, termasuk sebagian besar orang indonesia memilih untuk menggunakan blogspot.

Kenapa memakai blogspot, bukan weblog lainnya?

Tentu hal tersebut memiliki alasan. Alasannya secara umum karena layanan blogger gratis, memiliki fitur yang lumayan lengkap, dan juga cukup mudah digunakan. Selain itu, karena blogspot adalah salah satu produk google, sehingga dari segi traffic akan lebih mudah terindex di search engine milik google. Selain itu juga, adanya peluang meraub sejumlah income dari blog membuat banyak orang tertarik menggunakannya. Sebab produk lain dari google yaitu program google adsense sampai saat ini masih menjadi primadona iklan online di seluruh dunia.

Manfaat platform Blogger

Manfaat lain membuat blog melalui blogger yaitu :

  • Dari segi biaya: sobat tidak perlu keluar biaya sedikitpun untuk memulai membuat sebuah blog.
  • Dari segi hosting: space dan bandwidth unlimited yang disediakan google, sehingga sobat tidak perlu khawatir lagi dengan lonjakan traffic yang meningkat.
  • Dari segi Design: blogspot menyediakan template/tema yang beragam. Bila sobat kurang puas dengan tema bawaan dari blogspot, sobat bisa menggunakan template dari pihak ketiga. banyak sekali situs yang menyediakan template gratis yang unik dan menarik.
  • Dari segi SEO (Search Engine Optimization): blogspot ini adalah milik google, sehingga lebih mudah terindex oleh google. dan juga banyak template yang memiliki fitur SEO.
  • Dari segi server: server milik google jauh lebih cepat dan stabil. Sangat jarang terjadinya down.

itulah keuntungannya menggunakan blogspot. satu lagi keuntungan dari blogspot adalah sobat bisa menggunakan domain sesuai keinginan sobat (berakhiran .com, .net, .org, dll) yang bisa ditautkan ke blogspot dengan tetap menggunakan platform blogspot.

Naaah, begitulah sedikit penjelasan tentang Blog. Smoga dapat menambah wawasan kita khususnya tentang Blogging.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
February 6, 2016 at 4:01 AM delete

jadi seperti itu to..
jadi tambah mengerti ane

Reply
avatar
February 6, 2016 at 2:13 PM delete

Iya begitulah gan, Semoga bermanfaat. :)

Reply
avatar

"Barangsiapa yang beriman kepada Alloh dan hari akhir, hendaklah berkata yang baik atau diam." (HR. Bukhari & Muslim)