Cara Menulis Dan Memposting Artikel di Blog Untuk Pemula

Bagaimana menulis dan memposting artikel di blog untuk pemula - Bila sebelumnya sobat sudah berhasil Membuat Blog, hal berikutnya yang perlu sobat lakukan adalah mengisi blog tersebut dengan tulisan atau posting artikel. Tulislah hal-hal yang menarik di blog sobat sehingga akan mendatangkan banyak pengunjung ke blog sobat. Dikesempatan yang baik ini saya ingin menjelaskan bagaimana cara menulis artikel di blog dan memahami fitur-fitur yang tersedia di menu editor blogger.

Dalam menulis atau memposting artikel di blogger bisa dibilang cukup mudah, karena pada dasarnya hampir sama seperti menulis email atau pun menulis di Ms.Word. Bila sobat sudah terbiasa menulis email atau pun mengoperasikan Ms.Word maka untuk melakukan posting artikel di blog bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Namun jika sobat masih bingung, berikut saya jelaskan langkah-langkahnya. simak baik-baik dan bacalah dengan pelan penjelasan dibawah ini;

#1. Pertama-tama sobat harus masuk atau login dulu ke https://blogger.com menggunakan akun Google milik sobat,


#2. Kalau sobat sudah masuk, selanjutnya klik tombol dengan icon “Pensil“, seperti gambar di bawah ini;


#3. Maka selanjutnya sobat akan diarahkan ke halaman post editor di blogger, kemudian simak baik-baik gambar berikut ini dan penjelasannya sesuai dengan nomor;

Gambar 1

Gambar 2

Penjelasan:
Nomor 1. Tulislah judul dari pada artikel atau postingan yang akan sobat buat di kotak nomor 1 ini.
Nomor 2. Disinilah sobat nantinya menuliskan hal-hal yang ingin sobat bagikan di dalam blog milik sobat.
Nomor 3. Tools yang ada di kotak nomor 3 ini akan sangat membantu sobat dalam mengatur tulisan agar terlihat rapih dan indah. Detailnya simak quote berikut ini;

Saya yakin sebagian besar sobat pembaca tidak asing dengan Tools di atas. Bagi yang masih bingung, berikut penjelasannya:
Huruf A: Undo dan Redo. Tanda panah melengkung ke arah kiri adalah undo dimana fungsinya untuk membatalkan suatu perintah yang telah kita lakukan sebelumnya. Sedangkan tanda panah melengkung ke arah kanan itu adalah Redo, fungsinya untuk mengulang perintah yang sudah di undo atau di batalkan tadi.
Huruf B: Disini Sobat dapat memilih jenis huruf (Font) yang sobat inginkan.
Huruf C: Ini berfungsi untuk mengatur ukuran huruf.
Huruf D: Dengan tools ini, sobat dapat mengatur tingkat kepenting. Misalnya "Heading" digunakan pada judul artikel, "Subheading" digunakan pada sub judul, "Minor Heading" digunakan pada bagian dari sub judul. Sedangkan bila sobat menggunakan "Normal" artinya tidak ada bagian yang lebih penting dari bagian lainnya.
Huruf E: Untuk menebalkan huruf.
Huruf F: Membuat huruf jadi miring.
Huruf G: Memberikan garis di bawah huruf.
Huruf H: Memberikan garis di tengah huruf.
Huruf I: Berfungsi untuk mengatur warna tulisan.
Huruf J: Fungsinya untuk memberikan background warna pada tulisan, misalnya seperti ini: "cara menulis artikel yang baik".
Huruf K: Bila sobat ingin memasukkan Link pada tulisan, maka sobat bisa memnggunakan tools ini. Caranya cukup mudah, tinggal sobat block tulisan yang ingin diberi link kemudian tekan tools ini dan masukkan URL link pada kotak isian "Web adress".
Huruf L: Tools ini digunakan untuk memasukkan gambar pada artikel.
Huruf M: Kita gunakan untuk memasukkan video ke dalam artikel.
Huruf N: Ini berfungsi untuk memotong artikel supaya artikel yang ditampilkan pada homepage/halaman utama blog tidak terlalu panjang. Namun cukup jarang blogger menggunakan yang menggunakan tools ini. Para blogger lebih sering menggunakan "Read More" supaya tampilan homepage lebih rapih dan indah.
Huruf O: Tools ini berfungsi untuk perataan huruf. Misalnya; rata kiri, rata kanan, rata kanan-kiri, dan rata tengah
Huruf P: Fungsinya untuk memberi nomor secara otomatis.
Huruf Q: Yang ini fungsinya untuk memberikan tanda bullet pada list atau daftar.
Huruf R: Ini adalah tools Quote. berfungsi untuk membuat petikan kalimat yang akan menjorok ke tengah, biasanya tools ini digunakan untuk kalimat kesimpulan.
Huruf S: Berfungsi untuk menghilangkan semua format tulisan seperti penebalan huruf, pewarnaan huruf, penomoran huruf, dll, sehingga tulisan kembali seperti semula.
Huruf T: Tools ini kita gunakan untuk memeriksa spelling apakah ada tulisan yang salah ketik ataupun bahasa tidak baku.
Nomor 4. Compose dan HTML. Mode Compose digunakan untuk menuliskan artikel atau tulisan yang berisi teks biasa, menyisipkan gambar, video, dll. Sedangkan pada Mode HTML digunakan untuk menyisipkan script atau kode-kode HTML, seperti membuat tabel, scrool box, emoticon, dll.
Nomor 5. Ini berfungsi untuk memberikan label atau kategory pada artikel. Pemberian label bisa lebih dari satu label, caranya pisahkan label satu dan yang lainnya dengan koma.
Nomor 6. Fungsinya untuk mengatur waktu atau jadwal penulisan artikel.
Nomor 7. Disini sobat bisa mengatur Link URL permanen yang akan menjadi link dari pada artikel yang sobat buat. ada dua pilihan yaitu otomatis dan custom.
Nomor 8. Untuk menentukan lokasi sobat saat menulis artikel.
Nomor 9. Fungsinya untuk memberikan deskripsi atau penjelasan isi dari artikel sobat.
Nomor 10. Disini sobat bisa mengatur komentar pada artikel apakah diizinkan atau tidak, penafsiran HTML, dan perintah Enter.
Nomor 11. Berfungsi untuk menerbitkan artikel yang sudah selesai sobat tulis.
Nomor 12. Ini fungsinya untuk menyimpan artikel di draf. Terkadang ketika kita menulis artikel, kita membutuhkan waktu yang cukup lama ataupun ketika ada keperluan lain yang memaksa kita meninggalkan aktivitas menulis kita, maka kita bisa menggunakan tombol ini untuk menyimpan artikel kita yang belum selesai.
Nomor 13. Gunanya untuk melihat bagaimanakah tampilan artikel yang kita tulis di blog sebelum diterbitkan. Jadi gunakan tombol ini untuk memeriksa apakah ada tampilan yang tidak sesuai.
Nomor 14. Tombol ini berfungsi untuk menutup halaman "post editor" dan kemudian diarahkan ke halaman "semua post".

#4. Setelah sobat sedikit paham dengan menu-menu maupun tools yang ada pada editor artikel di blogger, kemudian sobat mulai menulis apa saja yang mau sobat tulis.

#5. Jika sobat sudah selesai menuliskan isi artikel, maka saatnya untuk menerbitkan artikel tersebut dengan mengklik tombol "Publish".

Selamat...! Sekarang artikel sobat sudah muncul di blog. Jika sobat ingin melihatnya, silakan klik tombol "View Blog" atau "Lihat Blog" maka sobat akan diarahkan ke blog milik sobat dan akan melihat artikel yang sudah sobat buat tadi.

Naah, Begitulah langkah-langkah menulis artikel di blogger. Semoga tulisan ini mudah dimengerti dan bisa memberi manfaat untuk sobat semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

"Barangsiapa yang beriman kepada Alloh dan hari akhir, hendaklah berkata yang baik atau diam." (HR. Bukhari & Muslim)