Cara Mengganti Template Blog di Blogspot

Bagaimana cara merubah tampilan blog di blogger? Mungkin beberapa sobat yang masih pemula ada yang bingung cara mengganti template atau tampilan blognya di blogger. Sobat tidak perlu khawatir, karena pada postingan kali ini saya ingin berbagi tentang Cara Mengganti Template Blog di Blogspot.

Sebelum itu, tahu kah sobat apa itu template?

untuk menambah wawasan kita, berikut saya jelaskan sedikit tentang apa itu template.
Template merupakan suatu file script yang berisikan rangkaian kode-kode html maupun kode-kode programing lainnya seperti CSS dan Javascript yang merupakan dasar dalam terbentuknya tampilan sebuah blog, dan file script ini berekstensi ".xml". Mungkin bagi blogger pemula akan mengalami kesulitan untuk mengerti dan memahami kode-kode tersebut. Namun sebenarnya pada tahap ini sobat tidak perlu ambil pusing tentang hal itu.

Dalam mengganti template blog di blogspot terbilang cukup mudah. Ada 2 pilihan untuk mengganti template di blogger, yaitu;

1. Mengganti template dengan template bawaan langsung yang sudah disediakan oleh blogspot di menu template.
2. Atau mengganti template blog dengan template custom yang disediakan pihak ketiga

Naah, sebagian besar blogger biasanya menggunakan pilihan kedua karena template yang disediakan oleh blogspot kurang menarik dan terlalu sederhana.

Baiklah, sebelum kita lanjut pada tutorial mengganti template di blogspot, terlebih dahulu kita harus mencari template yang akan kita gunakan di blog nantinya. Bagaimana mendapatkan file template tersebut? Sobat tidak perlu bingung untuk mencarinya karena di internet banyak sekali situs yang menyediakan template blogger dengan beragam variasi yang menarik, mulai dari yang gratis maupun yang berbayar (Premium). Namun template yang gratis pun tidak kalah menarik dengan template yang premium.

Untuk mencari situs penyedia template tersebut, sobat bisa mencarinya di mbah google dengan mengetikkan kata kunci "template blog gratis".

Silakan sobat cari dan download dulu template sesuai selera sobat. Bila sobat sudah mendownload template yang dikehendaki, silakan diekstrak dulu file yang sudah didownload untuk mendapatkan file template .xml nya.

Bila file templatenya sudah siap, simak baik-baik cara memasang templatenya di bawah ini;

#1. Pertama login dulu kemudian masuk ke dashboard blog sobat.

#2. Selanjutnya klik pada menu “Template” kemudian silakan sobat klik pada “Backup/Restore” di sisi kanan atas layar, seperti gambar berikut ini;


#3. Sebelum lanjut untuk mengunggah file template, sebaiknya sobat lakukan backup dulu untuk menyimpan template yang sobat pakai saat ini sebagai antisipasi bila terjadi kesalahan nantinya. Silakan klik tombol “Download full template”, lihat gambar di bawah;


#4. Bila sobat telah selesai membackup templatenya, selanjutnya sobat klik “Browse” kemudian pilih file template .xml yang sudah sobat download sebelumnya dan klik "Open".


#4. Terakhir sobat tinggal klik pada tombol “Upload” dan tunggu beberapa saat sampai file selesai di unggah.


Naah, Sekarang silakan sobat cek blognya untuk melihat apakah template yang sudah sobat pasang sukses terpasang atau belum.

Jika belum berhasil, silakan coba cara berikut ini;

#1. Buka dulu file template .xml yang sudah sobat download sebelumnya, caranya klik kanan pada file tersebut kemudian open with Notepad.


#2. Setelah terbuka, silakan sobat copy semua kode yang ada di notepad dengan menekan "CTRL+A" kemudian tekan lagi "CTRL+C".

#3. Selanjutnya sobat klik pada menu Template di blogger, kemudian pilih "Edit HTML".


#4. Setelah itu sobat letakkan kursor pada kotak edit HTML dan tekan "CTRL+A" kemudian "CTRL+V".

#5. Sekarang sobat coba klik pada pratinjau, Bila sudah pas dan sesuai yang dikehendaki, silakan sobat simpan dengan mengklik "Save Template"

Begitulah cara mengganti template blog di blogger. Tidak susah-susah banget bukan. Selamat mencoba mengganti template dan terimakasi atas kunjungannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
February 5, 2016 at 7:02 PM delete

Template yang bagus apaan gan? Yang responsive?

Reply
avatar
February 5, 2016 at 7:18 PM delete

Sebenarnya banyak gan template gratis yang responsive, tapi balik lagi pada penggunanya. kalo template dipasang terlalu banyak widget disisi kiri, kanan, atas, bawah, maka bakalan bikin lama loading. Semoga membantu. :)

Reply
avatar

"Barangsiapa yang beriman kepada Alloh dan hari akhir, hendaklah berkata yang baik atau diam." (HR. Bukhari & Muslim)